ayo membaca

iqro' , bacalah
iqro' , bacalah
iqro' . bacalah







Monday, July 5, 2010

Tujuan Pendidikan Islam

menurut Bambang Q-Anees, M.Ag dan Drs. Adang Hambali dalam buku "Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an, tujuan pendidikan islam adalah mendorong siswa menjadi ulul albab.

Jalaluddin Rahmat dalam "Islam Aktual" telah melakukan penguraian ciri- ciri ulul albab yang cukup penting sumbangannya bagi perumusan tujuann pendidikan islam. melalui ciri- ciri ulul albab ini, orientasi pendidikan islam dapat dilakukan secara realistis. adapaun ciri- cirinya adalah sebagai berikut:
  • tanda pertama, bersungguh- sungguh mencari ilmu termasuk juga bersungguh- sungguh menafakuri ciptaan Allah. Abdus Salam, seorang Muslim, pemenang hadiah nobel, berkat teori unifikasi gaya yang disusunnya, mengajukan konsep tafakur dan tasyakur.
    "Al-Quran mengajarkan kita dua hal: tafakur dan tasyakur. tafakur adalah merenungkan ciptaan Allah di langit dan di bumi, kemudian menangkap hukum- hukum yang terdapat di alam semesta. tafakur inilah yang sekarang disebut science. tasyakur adalah memanfaatkan nikmat dan karunia Allah dengan menggunakan akal pikiran, sehingga kenikmatan itu makin bertambah, dalam istilah modern, tasyakur disebut teknologi. ulul albab merenungkan ciptaan Allah di langit dan di bumi, dan berusaha mengembangkan ilmu sedemikian rupa, sehingga karunia Allah ini dilipatgandakan nikmatnya.
  • tanda kedua, mampu memisahkan yang jelek dari yang baik, walaupun ia harus sendirian mempertahankan kebaikan itu dan walaupun kejelekan itu dipertahankan oleh sekian banyak orang
  • tanda ketiga, kritis dalam mendengarkan pembicaraan, pandai menimbang- nimbang ucapan, teori, proposisi atau dalil yang dikemukakan orang lain
  • tanda keempat, bersedia menyampaikan ilmunya kepada orang lain untuk memperbaiki masyarakatnya, bersedia memberi peringatan kepada masyarakat, diancam masyarakt, diperingatkan kalau terjadi ketimpangan, dan diprotes kalau terdapat ketidakadilan. dia tidak duduk berpangku tangan di laboratorium, dia tidak terbenam dalam buku- buku perpustakaan, dia tampil di hadapan masyarakat, terpanggil hatinya untuk memperbaiki ketidakberesan di tengah- tengah masyarakat.
  • tanda kelima, tidak takut kepada siapa pun kecuali kepada Allah. berkali- kali Al-Quran menyebutkan bahwa ulul albab hanya takut kepada Allah
* semoga kita semua bisa segera memenuhi ciri- ciri di atas

No comments:

Post a Comment