ayo membaca

iqro' ,
iqro' ,
iqro' .







Thursday, September 30, 2010

confusion in number (kata benda yang selalu berbentuk tunggal)

kata benda yang selalu berbentuk tunggal diantaranya:
- advice
  • false: the teacher gave him some good advices
  • true: the teacher gave him some good advice
- work
  • false: today i have many works to do
  • true: today i have much work to do
- noncountable noun
  • false: there are many fruits in summer
  • true: there is much fruit in summer
- mathematics
  • false: mathematics are not easy to learn
  • true: mathematics is not easy to learn
semoga bermanfaat untuk kita semua.
amiinnn

resonansi

apabila kita berbicara, kita bisa mengatur tinggi rendahnya suara kita,
klo cempluk lagi gosipin "yang baek2' tentang orang, biasanya bakal bisik- bisik. tapi, klo lagi marah ma orang, bakal blak- blakan dengan sengaja "memperdengarkan". hehhe.. ^__^ piss!! just kidding kok...
intinya di sini adalah, manusia bisa mengatur tinggi rendahnya suara yang keluar. nah, tentunya kalian masih ingat dong, apa yang berperan terhadap terjadinya suara pada manusia? mmhh? yap, bener banget. pita suara ^^0 yang membuat kita bisa ngobrol. nah, pada saat kita bicara itulah, pita suara bergetar. getaran ini diperkuat oleh kotak suara yang beresonansi dengan pita suara dengan frekuensi sama, tetapi amplitudonya lebih besar sehingga kita dapat mendengar suara yang lebih nyaring. pria dewasa, kabarnya, mempunyai pita suara yang lebih panjang dan tebal dibandingkan dengan wanita dewasa ("ya iyalah mplukk,,"?) makanya, pria dewasa punya suara dengan nada yang lebih rendah. sekarang, kalian tau kan, kenapa yang suka menjerit itu perempuan.
:p


hmm, daritadi kok ngomongin suara terus..
cepetan dikitlah, to the point aja dech.
nah, tadi kan kalian dah baca, dah tau, dan udah ngeh, kalau kita bersuara karena ada pita suara yang bergetar. peristiwa ini, disebut dengan resonansi. tentu saja, tidaklah sesempit itu kita memaknai resonansi. resonansi tidak hanya pada pita suara, tetapi pada semua benda. intinya, peristiwa bergetarnya suatu benda akibat dari bergetarnya benda lain yang berfrekuensi sama disebut dengan resonansi.

apa sih, contoh2 lain dari resonansi?
gini dech, coba kalaian siapin 2 buah kaleng.
kaleng pertama, gak usah kasih apa2, alias kaleng kosong.
kaleng kedua, isi dengan air.
and then, pukullah bergantian kedua kaleng tersebut. mana yang lebih nyaring?
tentu saja, jika pendengaran kalian normal, bunyi kaleng kosong akan terdengar lebih nyaring daripada bunyi kaleng berisi air. hal ini terjadi karena pada kaleng kosong terdapat kolom udara. ketika kaleng kosong dipukul, udara ikut bergetar dan akhirnya beresonansi. akibatnya, bunyi yang terdengar lebih nyairng.

kalo gitu, resonansi berjasa bagi manusia dan lingkungan ya?
hmm,, sebenarnya, tidak semua peristiwa resonansi itu menguntungkan.
coba kita simak,
- bunyi kendaraan yang lewat di depan rumah dapat menggetarkan kaca jendela rumah, kaca akan bergetar hebat dan kemudian pecah
- pengaruh kecepatan angin pada sebuah jembatan di selat tacoma, amerika serikat, menghasilkan resonansi yang menyebabkan jembatan roboh. pada saat angin bertiup dengna frekuensi alamiah yang sama dengan frekuensi alamiah jembatan, jembatan akan berayun dengan amplitudo yang semakin besar, sehingga akhirnya akan roboh
- bunyi yang kuat akan beresonansi dnegna gendang telinga dan menyebabkan pecahnya gendang telinga. akibatnya, telinga menjadi tuli alias "budek". so, kalo dengerin musik, pelan- pelan saja ya?

cerita tentang resonansi hari ini cempluk cukupkan sekian aja dulu ya?
bagi yang mo nambahin, boleh banget, bisa comment langsung, ato lewat email dyan_ian@yahoo.co.id

Tuesday, September 28, 2010

penyelam kartesius

ketika densitas (massa dibagi volume; D=m/V) sebuah benda lebih besar daripada densitas fluida atau gas sekelilingnya, benda tersebut tenggelam. ketika densitas benda berkurang, benda mengapung dalam fluida. hal ini yang menyebabkan mengapa es mengapung di air, dan balon helium mengapung di udara, serta mengapa timah tenggelam di air dan udara. kapal selam mengontrol sendiri densitasnya dengan memompa air laut ke dalam dan ke luar ruangan. penyelam mengenakan pemberat untuk menjaga densitas dalam air, di lain pihak mereka harus berjuang menghadapi kecenderungannya untuk mengapung. penyelam kartesius merupakan alat sederhana dengan variabel densitas yang menapung dan tenggelam sesuai keinginan kamu.

bagaimana cara membuatnya?
hmm.. esok pagi, cempluk akan menjelaskan. ^__^

misplaced words

indirect speech

false: he asked me where was I going
true: he asked me where I was going

"dalam indirect question, anak kalimat berubah menjadi bentuk positif"

contoh lain:
false: I asked him where does he live
true: I asked him where he lives

false: the man asked me what was my name
true: the man asked me what my name was

inversion (pembalikan)
false: never I have heard of such a thing
true: never have I heard of such a thing

catatan: kata keterangan seperti: seldom, rarely, no sooner, selalu digunakan dalam pola ini.

contoh lain: seldom have I seen such a film
no sooner had we entered the house, the rain came down

word order
false: we gave the name to the baby John
true: we gave the name John to the baby

false: I met an old poor woman
true: I met a poor old woman

false: I have a blue long pencil
true: I have a long blue pencil

catatan: ada kecenderungan dalam bahasa inggris, yaiut kata sifat yang paling permanen terletak lebih dekat dengan kata bendanya. dari contoh di atas old lebih permanen dari poor.

false: there are no seats more in the cinema
true: there are no more seats in the cinema

contoh lain:
- there was no more hope for her
- I have no more money

false: they all were there
true: they were all there

contoh lain:
- we are all waiting
- they are all coming
- they are all friends

pengecualian:
- we all waited
- they all came


kalor dan perpindahannya

Pada bagian pertama, di sini, akan dijelaskan terlebih dahulu sejarah atu pengertian kalor.

Sebelum abad ke sembilan, para ahli berpendapat bahwa kalor merupakan semacam zat alir, yaitu zat yang mengalir dari suatu benda ke benda yang lain. Kalor sebagai zat alir ini pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli kimia perancis, yaitu Antonie Laurent Lavoisier (1743 - 1794). Menurutnya, jika benda bersuhu lebih tinggi disentuhkan ke benda yang bersuhu lebih rendah, pada saat itu zat akan alir- mengalir. Satuan kalor saat itu dinyatakan dalam satuan kalori atau untuk ukuran yang lebih besar dalam satuan kilo kalori.

Ternyata teori ini mempunyai kelemahan. kelemahannya, jika kalor merupakan zat alir, zat tersebut haruslah mempunyai massa. Kenyataannya, kalor tidak mempunyai massa dan tidak dapat ditimbang.

Di antara ilmuwan yang membantah teori tersebut adalah Benyamin Thomson (1753 - 1814), Robert Meyer (1884 - 1878), dan james Prescott Joule (1818 - 1889). Para ahli itu telah membuktikan bahwa kalor bukanlah zat alir, melainkan suatu bentuk energi, sehingga satuan untuk kalor sama dengan satuan energi, yaitu Joule.

Lalu, bagaimana mengaitkan kedua satuan ini?
1kalori= 4,2 joule.

bagi yang ingin menambahkan, saya ucapkan banyaak terima kasih.